• PENGUMUMAN

    TOKOONLINE9999-Pengumuman
  • MULAI 1 APRIL 2014 KAMI MEMPRODUKSI KANOPI MOTOR LAGI

    TOKOONLINE9999-WidgetMulai1April2014KamiMemproduksiKanopiMotorLagi
  • MOTOR: MARI MEMBUAT PINTU KANOPI MOTOR (PIKAMO)

    MOTOR-3RodaBerkanopiPintuKanopiMotor142X142
  • BLOG : TOKOONLINE9999

    TOKOONLINE9999-KanopiMotorSerbaAnti-l42X426
  • PENDAPAT ORANG AWAM TENTANG KANOPI MOTOR

    TOKOONLINE9999-LogikaKomentarOrangAwamTentangKanopiMotor
  • MULAI 1 AGUSTUS 2013 BISA DIKIRIM KE BERBAGAI KOTA

    TOKOONLINE9999-Mulai1Agustus2013
  • CARA MENGHITUNG BIAYA KIRIM

    TOKOONLINE9999-CaraMenghitungBiayaKirim3
  • MARI MEMBUAT WIPER MANUAL

    TOKOONLINE9999-MariMembuatWiperManual
  • BIODATA HARIYANTO IMADHA

    HYT-BiodataHariyantoImadha
  • YUK GABUNG! KOMUNITAS MOTOR BERKANOPI

    TOKOONLINE9999-YukGabungKomunitasMotorBerkanopi
  • VIDEO KANOPI MOTOR KARYA HARIYANTO IMADHA

    TOKOONLINE9999-VideoKanopiMotor
  • BLOG MAKER

    fotohyt5cmx5cmexplode1

    HARIYANTO IMADHA

    BlogMaker

    E-mail:hariyantoimadha@gmail.com

  • DENAH LOKASI DAN ALAMAT KAMI (DENGAN PERJANJIAN LEWAT SMS)

  • ENTREPRENEURSHIP UKM AWARD 2011

  • HAK CIPTA

  • BOLEH DICOPY-PASTE

    TOKOONLINE9999-ArtikelFotoGambarDiBlogIni
  • PELUANG BISNIS UNTUK MENJADI RESELLER

    .

  • PELUANG BISNIS DENGAN MODAL RP 1,6 JUTA

  • PERNAH TAMPIL DI TRANS7

  • MARI MEMBUAT KANOPI MOTOR SENDIRI (MUDAH)

  • PERNAH DIMUAT DI TABLOID “PELUANG USAHA” NO.18 TAHUN 2011

  • BIODATA HARIYANTO IMADHA

  • DICARI : WIPER BAJAJ

    TOKOONLINE9999-DicariWiperBajaj

  • SALAH PERSEPSI TENTANG KANOPI MOTOR

MOTOR: Psikologi-Persepsi Terhadap Kanopi Motor

BERDASARKAN hasil survei (observasi) yang penulis lakukan selama tiga tahun (2009-2012), maka dari sudut psikologi-persepsi atau psikolosi-responsif, ada dua kelompok persepsi terhadap kanopi/atap motor yang telah terbukti kebenarannya.

Dua persepsi tersebut adalah:

1.Persepsi cerdas

2.Persepsi tidak cerdas

ad.1.Persepsi cerdas

ad.1Persepsi cerdas

Pertama kali yang mereka melihat kanopi motor, maka yang pertama kali mereka pikirkan adalah FUNGSI daripada kanopi motor itu. Kemudian berpikir tentang aerodinamika, ergonomi, konfortabilitas, stabilitas, dan aspek-aspek teknis lainnya.

Reaksi

Memberikan respon positif dengan mengatakan kata-kata “kreatif”,”inovatif” dan semacamnya. Bahkan kadang-kadang ditindak lanjuti dengan pertanyaan, saran dan kritik membangun.

Cara berpikirnya

Positive thinking

ad.Persepsi tidak cerdas

Pertama kali mereka melihat kanopi motor, maka yang pertama kali mereka pikirkan adalah BENTUK. Mereka menganggap motor berkanopi adalah hal yang baru, aneh, unik, lucu, menggelikan  atau tidak lazim.

Reaksi

Biasanya mereka spontan tertawa bahkan tertawa terbahak-bahak dengan nada sinis dan bernada membodohkan pengemudi motor tersebut. Mereka ternyata tidak faham aerodinamika, ergonomi, konfortabilitas, stabilitas, dan aspek-aspek teknis lainnya. Bahkan tidak memahami undang-undang lalu lintas. Bahkan beranggapan yang salah bahwa kanopi motor tidak tahan angin, melanggar peraturan lalu lintas, tidak nyaman, tidak stabil, bisa menimbulkan kecelakaan dan anggapan-anggapan keliru lainnya.

Cara berpikirnya

Negative thinking

Itulah hasil survei (observasi) penulis yang kebetulan memahami psikologi sejak 1973. Jadi, dengan menggunakan kanopi motor dan melihat reaksi orang lain, maka penulis dengan mudah mengetahui siapa mereka. Tergolong persepsi cerdas atau tidak cerdas (apapun pendidikannya).

Dan, kita tidak perlu malu atau takut memakai kanopi motor karena di China, Jepang, Hongkong, Taiwan, Jerman, Italia, Thailand dan lain-lain kanopi motor bukan hal yang baru. Sudah saatnya kita menjadi bangsa yang cerdas dan memiliki wasan berpikir yang luas.

Semoga bermanfaat

Hariyanto Imadha
Pengamat perilaku
Sejak 1973